KAMI BERBEDA TAPI TETAP SAMA

KAMI BERBEDA TAPI TETAP SAMA

Minggu, 24 November 2013

Model Pendidikan Bagi Tuarungu-wicara


Sesuai dengan karakterstik anak tunarungu-wicara yang hampir sedemikian rupa maka layanan yang diberikan untuk ABK penyandang tunarung-wicara adalah
1. Pendidikan Terpadu
    Model pendidikan terpadu bagi anak - anak penyandang tunarungu-wicara merupakan model pendidikan bagi anak - anak berkelainan pendengaran dan wicara atau tunarungu-wicara bersama dengan anak - anak normal lainnya di satu sekolah. Berdasarkan IQ anak tunarungu-wicara sama dengan anak normal lainnya namun hanya mengalami gangguan pada pendengaran dan wicara. Pada pendidikan terpadu sekolah formal menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi tunarungu-wicara bersama anak normal lainnya. Untuk pengajaran disekolah terpadu terdapat gguru tersendiri yang akan menangani anak tunarungu-wicara .
2. Pendidikan Khusus
    Model Pendidikan khusus berbeda dengan model pendidikan terpadu. Dalam pendidikan khusus anak tunarungu-wicara dipisahkan dengan anak normal lainnya yang sering disebut Sekolah Luar Biasa (SLB). SLB untuk tunarungu-wicara di Indonesia dikenal dengan SLB-B. Pendidikan khusus ini ternyata tidak hanya terdapat pada pendidikan formal saja, tetapi terdapat pada yayasan - yayasan tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes